Running Text Atas

Selamat datang || Wellcome || Sugeng rawuh

Install XP di Notebook/Netbook SATA

Pernah mengalami kesulitan menginstall Windows XP di Notebook/Netbook?


Coba deh baca artikel berikut!




Ceritanya begini…..


Suatu hari, om saya beli netbook HP Mini 210 1014, dengan perasaan riang gembira ia mendatangi saya sambil membawa Netbook barunya, terus “tolong donk, install XP ke Netbook ku yah…”

Install Windows XP ke Notebook memang gampang-gampang susah. Gampang, karena kita masih bisa menginstall XP ke Netbook dengan menggunakan USB Flashdisk. Susah, karena ternyata tidak semua Notebook ataupun Netbook mau diinstall XP. Biasanya permasalahan yang sering ditemui adalah hardisk di Netbook menggunakan tipe SATA. Untuk Netbook dengan hardisk IDE biasanya Instalasi XP dapat berjalan lancar. Tapi untuk beberapa Netbook yang menggunakan hardisk SATA, ketika instalasi dimulai, biasanya muncul Blue Screen Of Death (BSOD), layar biru dengan beberapa informasi yang intinya instalasi terpaksa dihentikan demi alasan keamanan. Ini biasanya terjadi pada Netbook yang menggunakan hardisk tipe SATA. Ada beberapa merk Netbook yang sudah menyertakan fungsi mengubah tipe hardisk dari sata ke ide, untuk Netbook yang mempunyai feature seperti ini, cukup masuk BIOS dan ubah tipe hardisk dari SATA ke IDE, dan biasanya proses menginstall XP dapat berjalan normal.



Untuk Netbook yang tidak mempunyai feature mengubah tipe hardisk dari SATA ke IDE, berikut ini beberapa langkah yang bisa dicoba:

Yang diperlukan:
  1. Driver SATA untuk Notebook/Netbook Anda, Biasanya ada di CD driver yang disertakan dalam penjualan, coba cek di kardus bungkus Notebook/Netbook Anda. Jika tidak ada, download driver sata dengan bantuan search engine, coba gunakan keyword berikut merk_notebook/netbook_seri_sata_drivers. Contoh, kebetulan saya mencari driver untuk netbook HP Mini 210 1014, jadi keyword yang saya gunakan HP_Mini_210_1014_sata_drivers. Extract drivers sata tadi ke sebuah folder.
  2. nLITE, software untuk menginjeksi driver sata ke Instalasi XP, coba download nLITE di sini.
  3. NET Framework 2.0, biasanya nLITE hanya mau diinstall ke XP yang sudah ada NET Framework 2, jadi sebelum menginstall nLITE, ada baiknya Anda install NET Framework 2 terlebih dahulu. Anda bisa download NET Framework di sini.


Setelah semua yang diperlukan siap, proses injeksi driver sata ke XP installer dapat dimulai, berikut beberapa langkahnya:

  • Proses ini sebaiknya dilakukan di komputer  yang sudah berisi terinstall XP. Copy seluruh isi CD XP ke sebuah folder, misalnya D:\Master XP. Setelah semua isi CD XP tersimpan di komputer, jalankan  nLITE.




  • Klik Next, kemudian browse ke folder tempat Anda meng-copy isi CD XP di hardisk komputer Anda.



  • Klik Next, langsung saja ke halaman berikutnya.


  • Muncul kotak dialog berikut, klik Drivers dan Bootable ISO 

  • Drivers, untuk mengintegrasikan driver misal driver sata ke dalam wiindows installer, anda juga bisa memasukkan driver yg lain.
    Bootable ISO, agar windows installer yang anda buat bisa booting secara otomatis pada saat telah dicopy ke CD.
    Klik tombol Next


  • Pilih Multiple driver  jika drivernya lebih dari satu, jika hanya satu, pilih Single driver


  • Cari driver sata di folder ketika Anda meng-extract driver sata tadi, kemudian pilih yang berakhiran .inf. Biasanya iaAHCI.inf. 

 
  • Pilih Text Mode,  pilih semua file yang ada dengan menekan tombol [Ctrl] [A], klik Next.

 
  • Pilih semua file text yang ada.
 


  •  Muncul kotak dialog "Do you want to start the process?", Klik "Yes". Proses injeksi driver akan dimulai, tunggu beberapa saat.
 


  • Setelah selesai, akan tampil informasi hasil proses injeksi. Klik Next, Anda tinggal memilih, mau membuat file ISO atau langsung burn ke CD kosong.




Setelah mempunyai CD XP installer, Anda dapat mulai mengisntall XP seperti biasa, untuk Netbook HP Mini 210 1014, karena tidak dilengkapi optical drive, Anda bisa menggunakan CD ROM Eksternal, jika tidak ada, coba install XP menggunakan Flashdisk.


Selamat Mencoba, semoga bermanfaat...