Running Text Atas

Selamat datang || Wellcome || Sugeng rawuh

Lampu Otomatis



Suatu ketika, Anda sekeluarga pergi bertamasya ke luar kota selama satu minggu. Anda sekeluarga berangkat di siang hari, saat matahari masih bersinar terang. Setelah yakin semua pintu dan jendela telah tertutup rapat dan terkunci, Anda pergi meninggalkan rumah kesayangan Anda tanpa rasa khawatir sedikitpun. Saat malam tiba, ketika Anda sedang berada jauh dari rumah Anda, para tetangga dan orang-orang yang berjalan melewati rumah Anda selalu mempercepat langkah kaki mereka, rasanya ingin cepat sekali mereka melewati rumah Anda. Ada apa sebenarnya?




Alasan kenapa setiap orang yang lewat di depan rumah Anda selalu berjalan cepat dengan pandangan lurus ke depan tak bergeming, tak lain karena rumah Anda gelap gulita tanpa penerangan cahaya lampu sedikitpun. Terlihat seperti rumah yang tak pernah dihuni, menyeramkan... Kenapa ya? Ternyata ketika Anda pergi meninggalkan rumah di siang hari, Anda lupa menyalakan lampu taman, lampu ruang ruang tamu ataupun lampu lain di rumah Anda. Anda lupa menyalakan lampu karena ketika Anda berangkat, sang mentari masih gagah bertengger di langit memberikan cahayanya tanpa pamrih. Tetapi, ternyata Anda lupa bahwa sang mentari juga ingin beristirahat sejenak di malam hari.

Jika hanya para tetangga Anda yang mengetahui kejadian ini, paling-paling mereka cuma ketakutan lewat di depan rumah Anda, tapi masalahnya, Anda berniat meninggalkan rumah selama seminggu. Setiap malam selama seminggu, rumah Anda akan selalu gelap gulita, yang merasa senang dan gembira tak terkira hanyalah para "pekerja malam" yang sedang "keliling" mencari rumah tak berpenghuni, kemudian memilih rumah yang ditinggal pergi pemiliknya, agar mereka bisa melaksanakan "aksi" mereka tanpa halangan rintangan sedikitpun. Anda baru terkejut sambil meringis sedih ketika Anda tiba di depan rumah kesayangan Anda, bukannya beristirahat setelah bepergian jauh, Anda malah kebingungan melapor kesana kemari karena ternyata barang-barang di rumah Anda telah hilang tak tersisa. Yang tersisa hanyalah secarik kertas yang bertuliskan:

"Makaciiih banget... gara-gara kamu meninggalkan rumahmu tanpa cahaya penerangan sedikitpun, Aku jadi bisa mencuri semua barang-barangmu tanpa ketahuan orang, hehe... lain kali kalau pergi lama-lama, ga usah nyalain lampu lagi ya...!!!


Salam Kangen

Maling Beruntung"




Bayangkan (lebih baik ga usah dibayangkan, ngeri...) jika skenario di atas terjadi pada rumah Anda, tentunya Anda sama sekali tidak ingin kehilangan barang-barang di rumah Anda, hanya karena Anda lupa menyalakan lampu di malam hari ketika Anda pergi jauh. Tapi, kalau menyalakan lampu siang dan malam selama seminggu, bisa-bisa biaya rekening listrik jadi membengkak...

Lalu.....

Bagaimana solusinya ...?

Dengan berbekal sedikit pengetahuan tentang elektronika, Anda bisa membuat Lampu Otomatis yang bisa menyala ketika malam tiba dan lampu akan padam ketika pagi datang. Paling tidak, Anda bisa menjaga rumah  meskipun Anda sedang berada jauh dari rumah Anda. Para "pekerja malam" pun akan berpikir panjang untuk "mengunjungi" rumah Anda, karena "aksi" mereka masih tersorot lampu penerangan di rumah Anda.

Bagaimana...? Tertarik?

Yang kita butuhkan adalah ketekunan dan kemauan merangkai beberapa komponen elektronika menjadi sebuah rangkaian lampu otomatis. Komponen elektronika yang kita butuhkan mudah didapatkan di toko-toko elektronika. Rangkailah dengan teliti, jika perlu, modifikasi rangkaian ini sesuai dengan denah rumah Anda agar hasilnya lebih memuaskan Anda, tetapi menyedihkan bagi para "pekerja malam". Tetap waspada dan berhati-

Berikut ini gambar rangkaian lampu otomatis  :



Selamat Mencoba, dan Semoga Bermanfaat.....



.